Beranda | Artikel
Kekeliruan dalam Mendidik Anak (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)
Rabu, 16 April 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

[sc:status-tematik-ustadz-ahmad-zainuddin-2014]

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kekeliruan dalam Mendidik Anak

Pada pengajian kali ini, Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. akan mengangkat suatu tema yang sangat penting yaitu, “Kekeliruan dalam Mendidik Anak“. Tema ini sangat penting dikarenakan beberapa sebab, di antaranya adalah:

1. Anak itu merupakan amanah

Setiap anak merupakan amanah dari Allah atas setiap orang tua, dan yang namnya amanah harus diletakan/ditunaikan pada tempatnya. Rasullullah shallallahu ‘aaihi wa sallam bersabda:

أَدِّ الأَمَانَةَ إِلَى مَنِ ائْتَمَنَكَ

“Tunaikanlah amanah kepada yang berhak.”

Anak merupakan amanah yang ada di atas pundak orang tua. Apa kira-kira amanah yang ada pada anak yang harus ditunaikan oleh orang tua? Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ

“Setiap anak itu dilahirkan di atas fitrah.”

Nah fitrah inilah yang merupakan amanah yang harus dijaga oleh setiap orang tua, jangan sampai fitrah anak tersebut berubah. Fitrah yang dimaksud di sini adalah di atas Islam. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفاً فِطْرَةَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

“Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah (Islam). (Tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS Ar-Rum [30]: 30)

“Kapan fitrah anak kita berubah, maka dipastikan pada saat itu kita menjadi orang tua yang tidak amanah.”

2. Anak merupakan nikmat yang akan Allah Ta’ala tanyakan kelak di hari kiamat.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al-Hakim rahimahullah, Rasullullah shallallahu ‘aaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ أَوْلاَدَكُمْ هِبَةُ اللهِ لَكُمْ

“Sesungguhnya anak kalian merupkanpemberian Allah kepada kalian.”

Dari hadits ini kita ketahui bersama bahwa anak itu merupakan anugerah dan pemberian dari Allah. Dan yang namanya pemberian itu merupakan amanah. Dan setiap amanah akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah kelak di hari kiamat.

Mari simak lebih lanjut, ceramah agama Islam tematik yang disampaikan Ustadz Ahmad Zainuddin dengan mendownloadnya sekarang juga atau dengarkan langsung melalui player.

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – Kekeliruan dalam Mendidik Anak

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/5800-kekeliruan-dalam-mendidik-anak-ustadz-ahmad-zainuddin-lc/